Program Ramadhan (Kajian kitab kuning) Ponpes NW Padasuka


Beginilah kegiatan setiap sore pada bulan ramadhan di masjid Pondok pesantren NW Padasuka. ini adalah program kitab kuning yang adakan oleh pimpinan pondok pesantren Ust. M. Fatihul Asror. adapun kitab yang dibahas untuk saat ini adalah Bulughul Marom.

Nama lengkap dari kitab ini adalah Bulugh al-Maram min adilat al Ahkam yang disusun oleh al-Hafiz Ibnu Hajar al-Asqalani. kitab ini merupakan kitab hadis tematik yang memuat hadis-hadis yang dijakian sumber pengambilan hukum fiqih oleh para ahli fiqih.

oleh karena itu, diharapkan setelah mereka mengkaji kitab tersebut selama sebulan, diharapkan mereka lebih matang secara ilmu fiqhiyyah walaupun tidak secara sempurna. karena sangat sulit rasa bisa menghatamkan dan dapat menguasai kitab tersebut dalam waktu satu bulan.

Peserta dari program ini adalah berasal dari para santri yang mondok di area madrasah. adapun para santri yang lain tidak diwajibkan untuk mengikuti program ini.
sudah sekitar dua belas hari program ini berjalan dan menurut keterangan para santri yang menjadi peserta program tersebut, mereka mendapatkan banyak hal dan sangat berpengaruh dalam pelaksanaan ibadah mereka sehari-hari.

 
program ini di laksanakan setiap selesai sholat lima waktu selain sholat magrib, karena alasan waktu yang cukup pendek dan berbenturan dengan sholat isya' dan tarawih secara berjamaah.


Posting Komentar

0 Komentar

advertise

Slider Parnert

Subscribe Text

Salurkan Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf anda!