Program Kitab Kuning satu tahun di Ponpes NW Padasuka


Untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari pada lulusan/alumni Yayasan Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Padasuka, dibuatlah satu program lanjutan bagi mereka yang  sudah lulus pada tingkat Madrasah Aliah.

Asal mula dari munculnya program ini adalah kurang matangnya lulusan-lulusan madrasah, yang berdampak pada kurang percaya dirinya mereka setelah terjun ke masyarakat, sehingga yang terjadi adalah mereka tidak dipakai secara maksimal oleh masyarakat lebih-lebih dalam urusan agama. banyak para alumni yang lulus di pondok pesantren, ketika mereka melanjutkan studi mereka ke ma'had, mereka kalah saing dengan yang lain.

Masalah yang lainnya adalah Pondok Pesantren NW Padasuka adalah satu-satunya pondok pesantren di Kec. Lunyuk yang mana dampaknya adalah juga menjadi satu-satu harapan masyarakat dalam hal kiprah para alumninya lebih-lebih dalam pembangunan pendidikan, agama dan sosial di daerah tersebut.

program ini merupakan pembekalan untuk para alumni sehingga nanti saat mereka terjun ke masyarakat mereka lebih matang secara keilmuan agama. oleh karena itu, peserta dari program ini pun adalah mereka yang tamat Aliah di YPP NW Padasuka.

Nama Program ini bernama Dauratul Qutub. Pada program ini, para pesertanya akan dituntut untuk menguasai kitab-kitab kuning klasik karangan para ulama'-ulama' terdahulu, sehingga mereka nanti akan mapan dan matang dalam hal qaidah-qaidah fiqhiyyah, dan sebagainya.

Lokasi dari program ini adalah asrama Dar al-Qutub Syaikh Fadi Muqaddam  yang ada Komplek madrasah desa Padasuka. durasi program ini adalah selam satu tahun. mereka akan dikarantina di asrama tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar

advertise

Slider Parnert

Subscribe Text

Salurkan Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf anda!